Bob Sadino: Saya Biarkan Karyawan Kurang Ajar kepada Saya – 1/2

Dua hari setelah saya berikan copy buku Follow Your Passion, saya ditelpon Bob Sadino, “Muadzin, saya sudah baca buku kamu. Kapan ada waktu buat ngobrol-ngobrol? Saya mau tahu lebih banyak nih”.

“Eh yang bener Om? Besok boleh Om”, tanpa pikir panjang saya langsung siapkan jadwal.

“Ok. Biar waktunya panjang bisa seharian, ketemu dari pagi saja ya. Kamu ke rumah saya, nanti lanjut makan siang, terus kita lanjut ngopi di Kemchicks”.

Woohoo… mimpi apa coba diajak ngobrol sama Bob Sadino seharian!

*

Jam 9 pagi, saya dan isteri sudah berada di rumah beliau di bilangan Lebak Bulus. Kata Om Bob, rumahnya bertipe 21: tanah 2 hektar, rumah 1… hehe ini beneran, tanahnya 2 hektar.

Kami dijamu teh dan kue pagi sambil ngobrol-ngobrol ringan bareng Om Bob dan isteri. Ramah sekali mereka.

Sebenarnya banyak sekali yang ingin saya ceritakan. Saking banyaknya, saya sampai bingung mau cerita yang mana. Bayangkan, sehari penuh bersama Bob Sadino!

Saya mau cerita satu kejadian saja saat makan siang. Om Bob mengajak kami makan ke sebuah restoran Thai di bilangan Kemang. Nah yang ini juga perlu saya ceritakan. Saya pikir beliau akan naik Jaguar, atau BMW-nya, dan kita nanti ketemu di restoran tersebut, ternyata dia bilang ke isteri saya, “Maaf ya, saya duduk di depan.” Maksudnya, beliau naik mobil Chevrolet Zafira setengah-tua saya… hehe maaf ya Om kalau rasanya beda banget sama Jaguar🙂

Sebelum ke restoran tersebut, dia minta ijin untuk ajak dua orang managernya ikut makan bareng dan jemput mereka di Kemchicks.

Dua karyawan beliau ini termasuk suka bercanda. Di dalam perjalanan dan saat makan siang, kami ngobrol tentang suasana kerja di Kemchicks diselingi becandaan kocak. Kadang mereka mencandakan om Bob dengan cueknya. Bahkan, menurut kami hal tersebut sudah tidak pantas dilakukan oleh seorang bawahan kepada atasannya. Tapi Om Bob sama sekali tidak menunjukkan rasa ketidaksukaan, apalagi marah. Malah beliau ikut ketawa terkekeh-kekeh.

*

Saat lanjut ngopi sore di Kemchick dan kami hanya bertiga, saya dan isteri bertanya, “Om Bob kok cuek aja sih dibecandain karyawan, bahkan becanda yang cenderung kurang ajar?”

Sambil melontarkan senyuman khasnya, beliau bilang, “Memang saya biarkan karyawan kurang ajar sama saya”.

Hah!?

eIMG_2121

Baru nyadar. Ternyata file foto ini IMG_2121, sama seperti angka favorit Bob Sadino. Angka ini dipakai di nomor rumah, HP, nopol semua mobilnya. What a coincident!🙂

Bersambung ke Bagian-2.

13 responses to “Bob Sadino: Saya Biarkan Karyawan Kurang Ajar kepada Saya – 1/2

  1. Pingback: Atasan Yang Tahu Bekerja Dengan Bawahannya | [ Terus Belajar ]·

  2. Saya ingin menghubungi om bob sadino dimana ya? Saya ingin bekerja sama dengan beliau.saya ingin memasarkan kue kering di kemchick apa bisa ?

  3. Mas Muadzin Ytc. Oom Bob sudah mendahului kita, Kita doakan agar beliau mendapat tempat terbaik disisiNya. Aamiin. Akhir tahun 2008 saya juga sempat bertemu beliau Jkt. Ceritanya persis dengan yang mas Muadzin ceritakan.mau masuk ke rumah beliau cukup bingung, nomer rumah sudah betul 2121, tapi koq berada di dalam gang. Ngobrol2 di rumah beliau dg istri beliau, diajak inspeksi ke Pabrik Roti yang ada dibawah. Lalu ber Jaguar ke KemChicks Kemang. Dikenalkan dengan semua manajer2 nya. Diceritakan semua detail rahasia bisnis (yang tidak pernah kita pikirkan). Diajak keliling KemChicks, menyapa semua pelanggan, menjelaskan produk2 yg dijual, harga pokok vs harga jual, perilaku konsumen asing dan lokal, sejarah/perjuangan beliau, dan buannnnyaakkkkkk sekali ilmu yang saya dapatkan. Terimakasih kepada Allah SWT yang sudah memberi kesempatan kepada saya untuk bertemu, berdiskusi, dan menjadi murid beliau. Selamat jalan Oom Bob. Wass. Suryawan, Denpasar

  4. wah…moment yang sangat berharga sekali mas.
    Anda beruntung sekali bisa bertemu dengan beliau.
    Gak kesampean saya ketemu sayang beliau sudah menghadap Allah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s