Rahmat Berlimpah di Tahun ke-3 Semerbak Coffee

Hari ini, tepat 3 tahun lalu diluncurkanlah sebuah booth di teras ruko saya. Dulu tidak terbayang jika sekarang bisa ada 410 booth seperti itu tersebar di hampir 80 kota seluruh Indonesia.

Alhamdulillah makin banyak rahmat dan anugerah yang kami terima di tahun ini.

Diawali dengan momen bersejarah dalam kehidupan saya, 1 Juli 2011, saya pensiun dini dari dunia karyawan dan full-time menjadi wirausaha. Dua tahun saya fokus dan kerja keras untuk mewujudkan impian saya melalui kendaraan bisnis ini.

Terimakasih untuk partner saya yang luarbiasa, Iwan Agustian, yang bisa mengerti kondisi saya yang saat itu masih mengerjakan bisnis ini secara part-time.

Beberapa terobosan besar kami lakukan di tahun ini, diantaranya adalah penerapan sistem database baru yang saat ini masih dalam masa trial, dimana nantinya semua outlet kami bisa terhubung dan update database penjualan dan stok dengan berbasis web.

Terobosan yang cukup berani kami lakukan adalah diluncurkannya rangkaian produk Semerbak Coffee Premium yang dijual ritel melalui sistem keagenan. Saat ini kami masih terus memperbaiki kualitas kemasan dan produk. Target berikutnya produk ini akan masuk pasar ritel modern dan tahun depan masuk pasar ekspor.

Untuk tujuan itu, kami untuk pertama kalinya berani mengikuti pameran internasional di luar negeri. Pertama di bulan April mengikuti pameran MIHAS (Malaysia Halal Showcase) di Kuala Lumpur. Dan pertengahan Mei kemarin pameran Food, Hotel & Hospitality di Jeddah, Saudi Arabia. Dan dalam waktu dekat, surat ijin ekspor kopi kami segera keluar.

Di tahun ini juga kami dapat rahmat berupa kesempatan berkenalan dengan beberapa instansi pemerintah untuk menjadi UKM binaan mereka, diantaranya Dinas Perkebunan Jawa Barat, Departemen Pertanian, dan Departemen Perindustrian dan Perdagangan.

Dan rahmat yang tak ternilai adalah bisa berkenalan dan bahkan bekerjasama dengan para tokoh yang dihormati di Twitterland, diantaranya @JamilAzzaini @pakarseo @motivatweet @endykurniawan @entrepreneursID @Jayterroris @masmono08 @Yusuf_Mansur @RanggaUmara @muhammad_rofiq @JayaYEA @RidwanRaharjo @fahiraidris @MuhammadAssad @yuswohady @ipphoright @AmazingMentor @mindprovocateur @saptuari dan lain-lain (maaf jika kami terlewat menyebutkan).

Setiap perjalanan tentunya tidak selalu berjalan mulus. Salah satu tantangan terbesar tahun ini adalah masalah SDM. Ada satu orang kepercayaan kami sudah selevel supervisor yang ternyata sejak awal masuk sudah berniat memecah belah tim kami. Selalu menghasut kanan-kiri, atas-bawah. Hampir saja tim kami pecah dan nyaris kehilangan orang-orang terbaik kami.

Untungnya Tuhan menunjukkan jalan. Menunjukkan bukti-bukti. Bahwa ternyata karyawan kami tersebut tidak hanya memecah belah, tapi juga melakukan pencurian bahan baku kopi untuk dijual keluar. Juga beberapa tindak penggelapan lainnya. Langsung kami memecatnya.

Alhamdulillah, setelah itu tim kami kembali sehat dan kompak, tanpa ada penghasut yang merongrong kekompakan tim.

Terimakasih untuk isteri saya yang selalu mensupport, dan semua anggota tim yang sudah menghantarkan brand Semerbak Coffee sejauh ini. Juga terimakasih kepada semua mitra, agen, supplier, pelanggan, dan simpatisan, terutama rekan-rekan komunitas Tangan Di Atas, yang selalu mendukung kami.

Perjalanan masih panjang. Masih butuh banyak perjuangan.

Mohon doa restu agar kami bisa terus menebar rahmat dan manfaat. Bisa terus membuka banyak lapangan pekerjaan dan membantu banyak orang untuk berani memulai berwirausaha. Dan ikut serta dalam mengharumkan brand kopi produk Indonesia di luar negeri.

.

Depok 20 Juni 2012

Muadzin F Jihad

Owner Semerbak Coffee

Twitter @muadzin

*Baca juga:

Tahun ke 2 Semerbak Coffee yang Makin Luar Biasa

Tahun Pertama Semerbak Coffee yang Luar Biasa

5 responses to “Rahmat Berlimpah di Tahun ke-3 Semerbak Coffee

  1. Pak Muadzin,
    Kayak nya ada kalimat yg salah nih di : Diawali dengan momen bersejarah dalam kehidupan saya, 1 Juli 2012, saya pensiun dini .
    harusnya sih bukan 1 juli 2012 pak, itu mah nanti 11 hari lagi malah… ini baru 20 juni 2012 Pak.

    Sukses selalu dengan booth coffe nya…. makin banyak berkah makin banyak bantu sesama..

    wassalam,
    tri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s