Berjuang Hingga Tetes Kopi Penghabisan

Malam ini TimeLine Twitter dipenuhi gegap gempita kemenangan Manchester City yang dramatis atas Queens Park Rangers dan menjadikannya juara Liga Primer Inggris, setelah penantian panjang selama 44 tahun!

Saya bukan penggemar bola fanatik. Saya senang nonton bola cuma kalau Piala Dunia atau kalau tim Indonesia yang bertanding.. hehe. Jadi saya cuma lihat dari resume TL dan berita online saja, tidak menonton langsung pertandingannya di layar teve.

Yang membuat kemenangan dan gelar juara ini jadi dramatis, adalah karena dua goal terakhir yang membuat skor menjadi 3-2, setelah ketinggalan 1-2 itu, terjadi di 5 menit terakhir injury time. Ya, dua gol di 5 menit terakhir!

Tetap semangat. Pantang menyerah. Berjuang hingga detik terakhir. Berjuang hingga peluit panjang dibunyikan. Man City memang punya mental juara!

*

Waktu sudah menunjukkan pukul 5 sore. Satu jam lagi penutupan pameran. Banyak stand sudah beberes. Ya, ini hari terakhir pameran MIHAS yang Semerbak Coffee ikuti awal April lalu di KLCC (Kuala Lumpur Convention Center).

Kondisinya sore itu adalah, semua produk display sudah habis dibeli pengunjung. Kartu nama dan brosur juga sudah habis. Hanya tester Tiramisu Latte masih tersisa sedikit lagi. Tapi air mineral habis, cup untuk tester juga habis.

Isteri saya menyarankan untuk tutup stand saja.

Tapi mengingat perjuangan kami untuk bisa mengikuti pameran ini, hingga bisa mencapai hari terakhir ini (saya ceritakan di sini), kok rasanya sayang ya, menyelesaikan sesuatu yang belum benar-benar tuntas.

Dan saya selalu berprinsip, peluang yang sama tidak akan terulang dua kali. Dari tester yang tersisa kita tidak pernah tahu potensi peluang apa yang bakal terjadi.

Akhirnya saya putuskan, kita terus buka stand menghabiskan tester yang tersisa.

Saya cari air mineral, kebetulan di area pameran ada kafe yang masih buka, dan menyediakan air minum dalam botol kecil. Langsung saya beli beberapa botol, walaupun harganya 3x lipat dari toko biasa. Langsung kami tuang dalam termos heater.

Untuk cup tester, saya bergerilya ke beberapa stand yang masih buka dan menggunakan cup tester. Dari rekan stand Surabaya dan stand sebelah kami, kami dapat sejumlah cup tester. Kami awalnya berniat beli ke mereka, tapi malah dikasih gratis🙂

Lumayan, dari sisa tester masih bisa disiapkan sekitar 50 cup tester.

You know what?

Dari cup-cup terakhir itu kami dapat paling tidak 2 calon buyer yang tertarik. Yang pertama dari Amerika Serikat, seorang bapak muslim yang sedang mencari produk-produk halal untuk dipasarkan di Amerika. Karena katanya, di sana jumlah muslim meningkat tapi produk halal masih sedikit.

Dan dua cup penghabisan, ya benar-benar cup penghabisan, dicicip seorang Namibia yang sedang kuliah S2 di KL. Dia takjub sekali dengan citarasa Tiramisu latte tersebut. Saking takjubnya dia minta satu cup lagi. Ya, the last one. Dia langsung minta di email penawaran dan minta dikirim sample produk ke mitranya di negara asalnya.

Kedua calon buyer ini memang masih dalam proses follow up. Saya juga tidak tahu apakah dari kedua orang tersebut akan berbuah deal yang bagus. Tapi jika kami sore itu memutuskan untuk tutup stand melihat kondisi yang ada, pasti kami tidak akan bertemu dengan dua kesempatan tadi.

Victory is always possible for the person who refuses to stop fighting. –Napoleon Hill

.

Depok 13 Mei 2012

Muadzin F Jihad

Owner Semerbak Coffee

Twitter @muadzin

6 responses to “Berjuang Hingga Tetes Kopi Penghabisan

  1. Selalu dapat vitamin setiap kali baca posting Pak Muadzin..Memanfaatkan injury time sebaik mungkin karena dari sana peluang kemenangan paling besar dapat kira raih. Thanks sdh menginspirasi saya pagi-pagi Pak🙂

  2. mirip cerita saya dapat kontrakan Pak🙂
    udah putus asa ga ada yang bagus dan murah, sudah mendung, tempat yang mau dituju jauhh, ternyata setelah nekat. . . jadi tempat saya sekarang ngetik komen ini🙂
    Pak, SC kan produksi kopi sachetan juga ya, kira-kira, saya bisa maklon mesin filling sachetnya ga ya?
    Thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s