Tahun ke 2 Semerbak Coffee yang Makin Luar Biasa

Minggu lalu seluruh karyawan dan manajemen Semerbak Coffee beserta keluarganya melakukan syukuran ulang tahun ke 2 dengan menyelenggarakan acara team building & familiy gathering di Puncak.

Tidak terasa, usaha yang awalnya iseng-iseng ini bisa berkembang pesat seperti sekarang dan mencapai usia dua tahun. Alhamdulillah. (Baca lengkapnya di sini ).

Salah satu langkah penting yang kami lakukan di awal tahun kedua ini adalah pada Oktober 2010 Semerbak Coffee resmi berbadan hukum dengan nama PT Dwimitra Semerbak Artamulia (DSA). Dengan berbadan hukum tentunya Semerbak Coffee bukan lagi usaha yang coba-coba atau berpikir jangka pendek temporer. Ini merupakan pencanangan rencana masa depan yang lebih baik. Ini merupakan perlambang keseriusan dan totalitas kami di mata semua stake holder. Tidak banyak bisnis sekelas UKM yang langsung berbadan hukum saat berumur 1 tahun.

Sejalan dengan berbadan hukum tersebut, maka kami juga meng-hire konsultan keuangan dan pajak. Buat kami ini langkah maju untuk tertib administrasi dan transparansi dalam keuangan perusahaan.

Logo PT DSA

Terobosan yang cukup berani kami lakukan di awal tahun 2011, yaitu diluncurkannya sister product dari Semerbak Coffee, Kopi Jahe Jago. Sesuai namanya ini adalah kopi jahe bubuk siap minum dalam kemasan. Ide awal diluncurkannya produk ini adalah untuk memanfaatkan kapasitas produksi mesin. Konsep pemasaran produk ini berbeda sekali dengan kakaknya Semerbak yang bersistem waralaba. Produk ini dipasarkan secara retail langsung, melalui jalur distribusi agen dan warung. Alhamdulillah selama 6 bulan ini, perkembangan Kopi Jago cukup bagus, dan diterima masyarakat dengan baik. Memang butuh waktu lebih lama agar produk ini lebih dikenal di masyarakat, karena jalur distribusinya yang lewat agen dan warung, dan tidak melalui minimarket atau supermarket.

Kopi Jahe Jago

Banyak sekali rejeki yang kami peroleh di tahun kedua ini. Salah satunya adalah, pada awal Maret Alhamdulillah kantor pusat PT DSA pindah ke lokasi yang lebih luas. Masih dengan model bangunan ruko, tapi kali ini ruko gandeng tiga tingkat. Kepindahan kantor ini memang dibutuhkan, karena kantor yang lama sudah tidak dapat menampung aktivitas dan okupansi tempat yang semakin meningkat. Kepindahan kami ini juga sekaligus sejalan dengan rencana kami untuk membuka cafe pertama kami. Dan, di awal Mei tahun ini kami meluncurkan cafe Semerbak Coffee di lantai bawah kantor kami. Dimana di cafe ini kami tidak hanya menyediakan minuman kopi dan kawan-kawan, tapi juga sudah dilengkapi dengan menu makanan.

Menu Cafe

Salah satu rejeki lagi di tahun ini adalah terjalinnya kerjasama dengan BNI Syariah dalam pembiayaan untuk calon franchisee. Dengan menggunakan BNI Syariah Hasanah Card calon franchisee bisa membayar secara cicilan 12 bulan tanpa bunga. Luar biasa bukan? Franchisee  hanya mengeluarkan dana sekitar 700 ribu-an perbulan untuk bisa memulai bisnis Semerbak Coffee.

Di akhir Juni lalu juga terjalin kerjasama dengan Bakrie Telecom dalam promo sms Esia blast Buy 1 Get 1 Free. Promo yang berlangsung 3 bulan, dari Juli sampai September ini berlaku di seluruh outlet Semerbak Coffee seluruh Indonesia (kecuali Papua). Dimana pelanggan Esia yang menunjukkan sms blast promo bisa mendapatkan 1 cup gratis untuk setiap pembelian 1 cup varian apa saja di outlet Semerbak Coffee. Seluruh Indonesia. Ini tentu jadi prestasi tersendiri bagi PT DSA karena dipercaya bekerjasama oleh perusahaan besar kelas nasional seperti Bakrie Telecom dan BNI Syariah.

Satu rejeki lagi yang didapat PT DSA tahun ini adalah menambah kendaraan mobil operasional. Karena kebutuhan mobilitas sudah tidak bisa terpenuhi dengan kendaraan yang ada sekarang. Saya masih ingat di awal-awal memulai usaha ini, saat belum memiliki kendaraan operasional, karyawan kami naik kendaraan umum dan kereta KRL untuk mengirim barang ke kantor ekspedisi. Tahun lalu kami berhasil mengadakan satu mobil operasioanal. Dan tahun ini tambah satu mobil lagi. Alhamdulillah.

Dan rahmat terbesar tahun ini adalah saya berhasil mengundurkan diri dari kantor tempat saya bekerja. Sebuah impian besar yang sudah lama saya impikan. Cerita lengkapnya bisa baca di sini.

Dengan fulltime-nya saya di usaha ini, semoga PT DSA akan semakin berkembang pesat dan lebih fokus dalam meraih target-targetnya.

Alhamdulillah, memang di tahun kedua ini, semakin banyak nikmat dan rahmat serta kemudahan-kemudahan yang kami peroleh. Terimakasih kepada seluruh pihak terutama para karyawan, para mitra franchisee, pelanggan, supplier, dan lain-lain. Semoga Tuhan terus memberkahi usaha kami dan terus memberi kekuatan kepada kami agar PT DSA bisa terus berkarya dan memberi manfaat untuk sesama dan semesta.

Depok 8 Juli 2011

Muadzin F Jihad

Owner http://www.semerbakcoffee.com

Founder & Owner Ranah Kopi (updated Juli 2013)

4 responses to “Tahun ke 2 Semerbak Coffee yang Makin Luar Biasa

  1. selamat pak tambah sukses ya,
    btw saya karyawan dan sdh capek kerja, saya pengen usaha ini bagaimana caranya pak. Dan berapa investasi utk menjadi mitra.
    terimakasih

  2. Selamat buat Semerbak Coffee yang telah dua tahun berkiprah di bisnis coffee blend. Semoga semakin jaya. Doakan ya….bulan depan, Nopember 2011, saya bisa membuka gerai pertama di kota Klaten, sekitar 30 km sebelah timur Yogyakarta. Saat ini sedang mematangkan strategi untuk mendapatkan dana awal yang Rp 9,5 juta itu. Saya sih yakin dengan seyakin-yakinnya, bulan depan bisa buka gerai tersebut….Amin!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s