Satu Dasawarsa Berwirausaha

1 Juli 2011. 10 tahun lalu.

Saya resign dari perusahaan tempat saya bekerja, perusahan multinasional di industri oil & gas. Tidak hanya itu, saya juga resign dari dunia karyawan. Setelah hampir 15 tahun saya bekerja sebagai instrument engineer. Profesi yang sesuai dengan kuliah yang saya ambil.

Dan saya resmi mengambil jalan full-time entrepreneur. Sempat saya tulis di sini.

Banyak kejadian tak terduga yang terjadi dalam kurun satu dasawarsa ini. Banyak ups and downs. Tapi lebih banyak downs-nya sepertinya.

Kalau pengalaman berwirausaha ini diibaratkan roller coaster, mungkin tidak ada roller coaster yang ada di muka bumi ini yang bisa mengalahkan keseruan, kecemasan, kengerian, dan ke-tidakbisadiprediksi-annya.

Dalam kurun waktu tersebut, saya sudah membuka beberapa usaha. Sekaligus menutupnya. Ada yang masuk hitungan tahun, ada yang cuma berumur bilangan bulan. Ada sejumlah partner bisnis yang bekerjasama. Ada yang berjalan, ada yang cuma di atas kertas, dan tidak jadi terealisasi.

Ada usaha yang menghasilkan profit. Ada yang menyisakan kredit macet.

Sebenarnya, pengalaman saya ini sedang saya tuangkan ke dalam sebuah buku, menyusul buku pertama yang terbit 2012 lalu, Follow Your Passion, oleh Transmedia Pustaka.

Tadinya rencana akan saya terbitkan tepat di tanggal 1 Juli ini. Minimal meluncurkan pre-order bukunya. Tapi ternyata rencana tersebut terlalu muluk.

Tentunya alasan klasik: sibuk dan writers block yang jadi kambing hitamnya. Mohon doanya, semoga buku ini bisa terbit di tahun ini 🙏

Terima kasih kepada semua pihak yang selalu mendukung saya selama ini.

Terutama istri saya, Oka, yang telah mengijinkan suaminya terjun ke dunia yang tidak jelas, setelah hampir 12 tahun hidup tenang dengan gaji rutin dari dunia kerja. Yang setia mendampingi, dan selalu menyemangati, terutama di saat kehidupan sedang tidak berpihak kepada kami.

Empat tahun terakhir ini, saya sedang running bisnis produsen bahan baku minuman powder premix & syrup Forest Bubble Drink.

Belum banyak yang saya hasilkan dalam wirausaha seumur jagung ini. Tidak ada yang bombastis. Semoga 10 tahun berikutnya, saya bisa lebih memberikan yang terbaik untuk keluarga, lingkungan, dan dunia bisnis.

Depok, 1 Juli 2021

Muadzin Jihad

Co-founder Forest Powder & Syrup

2 responses to “Satu Dasawarsa Berwirausaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s