Pengungkit Bisnis

“Waduh kelupaan!”, batin saya. Kelupaan bawa buku saat naik Commuter Line itu sebelnya di siniii🙂

Kejadiannya waktu saya ke BSD untuk kontrol cabang Ranah Kopi di sana. Akhirnya “terpaksa” baca buku digital di iPhone saya. Ya, inilah salah satu kelebihan buku digital. Tidak mungkin tertinggal karena tersimpan di ponsel kita. Sedikit terpaksa, karena saya sama sekali belum terbiasa membaca buku digital. Kebetulan buku yang belum selesai saya baca adalah The 80/20 Manager, karya Richard Koch. Buku ini anjuran mentor bisnis saya di komunitas TDA (Tangan Di Atas), Pak Roni Yuzirman.

Salah satu bagian menarik yang ingin saya share adalah tentang leverage atau pengungkit dalam bisnis dan karir. Dijelaskan di buku tersebut, ada tujuh macam pengungkit. Jika kita menggunakan pengungkit ini, akan melejitkan bisnis kita. Seperti kita bisa mengangkat batu yang beratnya berlipat-lipat berat tubuh kita, hanya dengan sistem pengungkit sederhana berupa batang kayu dan batu kecil penyangga.

Tentunya saya bersemangat sekali membalik halaman berikutnya ingin mengetahui apa saja ketujuh pengungkit bisnis tersebut. Dan saya terkejut sekali begitu membaca pengungkit nomor 1. Saya tadinya berpikir, ini pasti teknik yang sophisticated dan rumit, sampai dijadikan pengungkit pertama. Ternyata justru sebaliknya, sangat sederhana dan sangat non-teknis.

Coba Anda tebak, apa kira-kira pengungkit bisnis pertama ini?

The 80-20 Manager

The 80/20 Manager

Di buku tersebut tertulis “Caring and the power of the subconscious”. Kepedulian dan kekuatan bawah sadar, kira-kira begitu terjemah bebasnya. Mungkin Anda pernah mengalami, mendapatkan ide-ide cemerlang untuk bisnis Anda, yang entah dari mana datangnya. Seperti tiba-tiba muncul di kepala. Pernah ‘kan?

Sedangkan bawah sadar sering sekali menjadi solusi saat problem yang ada begitu kompleks, tidak jelas, seolah-olah buntu, sedangkan potensi solusi yang ada sangat terbatas. Pernah tidak Anda mengalami, mendapat solusi atas masalah yang sedang Anda hadapi, padahal Anda sedang tidak memikirkan masalah tersebut bahkan sedang melakukan hal lain? Padahal telah sekian lama Anda jungkir balik tidak berhasil menemukan solusi dari masalah tersebut. Ya, itu memang seperti sesuatu yang ajaib, dan kadang sama sekali tidak masuk akal.

Nah, menurut Koch, hal itu hanya dapat terjadi jika kita benar-benar care dengan bisnis kita. Jadi, seberapa besar Anda benar-benar care dengan bisnis Anda? Dalam skala 1 sampai 10. Silakan Anda jujur.

Makin rendah skala care terhadap bisnis kita, makin tidak mungkin kita mendapatkan solusi atau ide luar biasa yang dihasilkan oleh bawah sadar. Kepedulian akan menghasilkan energi. Kepedulian juga berhubungan erat dengan makna hidup yang pada akhirnya menentukan juga kebahagiaan.

Your life has meaning if you care passionately about something, and none if you don’t – Richard Koch.

.

Depok, 3 November 2014

.

Muadzin F Jihad
Founder Ranah Kopi
Twitter @muadzin

One response to “Pengungkit Bisnis

  1. he eh iya. Sebenarnya dalam islam juga konsepnya sangat jelas. Barangsiapa yang menolong agama Allah, maka Allah akan menolongya. Dalam sedakah pun demikian. Meski sedekah kelihatannya membantu orang lain, tapi sebenarnya yang dibantu juga diri kita. Mudah2an Richard Koch dapat hidayah. Thanks for sharing, bos.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s