Harusnya Corona Jadi Pemersatu Bangsa

Awal-awal Corona melanda Indonesia, saya pernah berdiskusi dengan salah satu guru spiritual saya tentang wabah ini. Menurut beliau, ada pesan yang ingin disampaikan melalui pandemi kepada bangsa ini. Yaitu tentang kebersatuan dan meninggalkan egoistik.

Barusan nonton channel youtube Humor Sufi, yang dipandu Candra Malik, dan Prie GS, menampilkan narasumber Maman Suherman. Kang Maman ternyata menyampaikan hal yang mirip-mirip. 

Menurutnya, sejak Pilpres dan Pilkada tahun lalu, bangsa ini sudah terbiasa sebebas-bebasnya dengan ujaran kebencian. Mulut kita selalu terbuka, nyerocos, menebar keburukan dan perpecahan ke mana-mana. Bangsa ini bahkan sudah diturunkan derajatnya, oleh kita sendiri, menjadi Cebong dan Kampret. 

Datanglah pandemi ini, di mana kita diwajibkan memakai masker. Harusnya kita bisa menyikapi ini, dengan menyadari bahwa kita disuruh harus lebih banyak tutup mulut. Menjaga congor kita untuk tidak menyebar virus-virus, fitnah, kebencian, hujatan dan sebagainya.

Harusnya Corona ini menjadi musuh bersama kita. Harusnya kita bersatu. Seperti anjing dalam serial Tom and Jerry. Seperti halnya Malaysia, kalau timnas sepakbola kita sedang bertanding melawan mereka.

Pilihan kembali kepada kita. Apakah kita berusaha memaskerkan mulut kita, menahan congor busuk kita, agar atmosfir nasional yang keruh ini bisa terkurangi. 

Kita semua bisa menjadi agen penjernih bangsa. Karena kejernihan sekecil apa pun yang kita lakukan, bisa berdampak besar terhadap kejernihan nasional. The butterfly effect.

Semoga bangsa Indonesia bisa bersatu melewati pandemi ini, dan bisa menjadi bangsa yang lebih baik.

 

Depok, 25 Mei 2020

#lebarandirumahaja hari ke-2

Muadzin Jihad

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s